Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Benteng Alla Utara Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang
Keywords:
Kinerja Pegawai, Pelayanan PublikAbstract
Nurul Irdayanti. 19043014052. with the title Analysis of Employee Performance in Public Services at the Benteng Alla Utara Village Office, Baroko District, Enrekang Regency. Public Administration study program. Supervised by Mr. H. Muh. Natsir and Mr. H. Aras Solong. Research Objectives (1) to determine employee performance in providing public services. (2) To determine supporting and inhibiting factors in providing public services at the Benteng Alla Utara Village Office, Baroko District, Enrekang Regency. The type of research used is a qualitative method, with data collection techniques of observation, interviews and documentation. using data analysis such as data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study indicate that public services include quality, quantity, timeliness, effectiveness and independence. Researchers conducted a survey with interviews, internal data analysis and involving community participation. The main findings indicate that public services have been running well, but are still relatively weak in terms of timeliness which is not in accordance with the set schedule. The supporting factors include responsibility, work discipline, initiative and honesty in working, except that work discipline still needs to be improved by the village office. Meanwhile, the inhibiting factors are facilities/infrastructure and discrimination in services which have not been said to be running well because the facilities and infrastructure in the village office are inadequate.
ABSTRAK
Nurul Irdayanti. 19043014052. dengan judul Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Benteng Alla Utara Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Program studi Administrasi Publik. Di bimbing oleh Bapak H. Muh.Natsir dan Bapak H. Aras Solong. Tujuan Penelitian (1) untuk mengetahui kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan pelayanan publik di Kantor Desa Benteng Alla Utara Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. menggunakan analisis data seperti reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan publik meliputi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas dan kemandirian.. Temuan utama menunjukkan bahwa pelayanan publik telah berjalan dengan baik, tetapi masih tergolong lemah dilihat dari faktor ketepatan waktu yang belum sesuai jadwal yang ditetapkan. Adapun faktor pendukung meliputi tanggung jawab, disiplin kerja, inisiatif dan kejujuran dalam bekerja, kecuali disiplin kerja masih perlu di tingkatkan oleh kantor desa. Sedangkan faktor penghambat ialah sarana/prasarana dan diskriminasi pelayanan belum dikatakan berjalan baik karena dilihat dari sarana dan prasarana di kantor desa belum memadai
References
Herianto, Dedy dan Mirsa, Sitti. 2018. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Motivasi kerja Pegawai Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Politik Profetik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Mangkunegara. 2006. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sinambela dan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R&D.Cet 23. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publikh
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Irdayanti, Sahruddin Malik (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

